DESKRIPSI HASIL BELAJAR AFEKTIF SISWA DARI SUDUT PANDANG TAKSONOMI BLOOM PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF AL FALAH JOYOKUSUMO PARAKANCANGGAH BANJARNEGARA

Authors

  • Anisa Nur Azizah
  • Ageng Satria Pamungkas
  • Nur Innayah Ganjarjati

Keywords:

Afektif, Taksonomi Bloom, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses pembelajaran siswa kelas II MI Ma’arif Al Falah
Joyokusumo (2) Hasil belajar afektif siswa kelas II MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo (3)
Mendeskripsikan kemampuan Afektif siswa kelas II MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo terhadap
pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian
dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo pada kelas II
dengan jumlah siswa 31, 18 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Adapun teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil belajar siswa kelas
II menurut sudut pandang Taksonomi Bloom sudah cukup baik. Siswa kelas II memiliki tingkat afeksi
penerimaan yang sangat tinggi yaitu dengan nilai 3.21, tingkat afeksi responsif sangat tinggi dengan
nilai 3.05, tingkat afeksi penilaian yang tinggi dengan nilai 2.80, tingkat afeksi organisasi rendah
dengan nilai 2.61, dan tingkat afeksi karakterisasi tinggi dengan nilai 2.80.

Downloads

Published

2025-04-25