PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV C MATERI BAHASA INGGRIS DI SDIP TUNAS BANGSA BANJARNEGARA
Keywords:
talking stick, bahasa Inggris, aktivitas belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas IV C di SDIP Tunas Bangsa Banjarnegara. (2) peningkatan Aktivitas belajar bahasa Inggris siswa kelas IV C di SDIP Tunas Bangsa Banjarnegara melalui model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian mendeskripsikan berdasarkan observasi dan wawancara dari subjek penelitian Guru Bahasa Inggris kelas IV dan 22 siswa kelas IV C. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui tahap reduksi data, display data dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick meningkatkan aktivitas belajar Bahasa Inggris siswa. Peningkatan aktivitas yang terjadi berupa aktivitas fisik (bertanya, menjawab, mendengarkan, mencatat) dari 8 siswa menjadi 16 siswa dan peningkatan aktivitas psikis (mengikuti kegiatan praktik sesuai intruksi) dari 4 siswa menjadi 17 siswa.