PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 BATUR BANJARNEGARA

Authors

  • Martiana Dwi Rahmawati
  • Ageng Satria Pamungkas
  • Nur Innayah Ganjarjati

Keywords:

Model Pembelajaran, Time Token, Kemampuan Berbicara

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara
peserta didik dengan model pembelajaran time token pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Batur,
tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dipakai adalah Penenlitian Tindakan Kelas
(classroom action research), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu
siswa kelas IV SD Negeri 2 Batur yang berjumlah 10 siswa. Desain penelitian yang
digunakan yaitu siklus dengan model spiral yang dikembangkan oleh Kemiss dan Taggart.
Metode penelitian yang digunakan meliputi wawancara, pretest, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran time token dapat
meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Batur. Peningkatan
ini ditunjukan oleh perolehan persiklus yang terus meningkat. Rata-rata peningkatan
penelitian ini sebesar 40% pada siklus I meningkat menjadi 75% pada siklus II

Downloads

Published

2025-04-25