PERAN KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I DI MI COKROAMINOTO KESENET BANJARMANGU
Keywords:
Kompetensi Guru, Aktivitas Pembelajaran, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui peran
kompetensi guru dalam meningkatkan aktifitas belajar daring pada pembelajaran bahasa Indonesia
siswa kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto Kesenet Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Untuk
mengetahui Faktor guru dalam meningkatkan aktifitas belajar daring pada pembelajaran Bahasa
Indonesia siswa kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto Kesenet Tahun Pelajaran
2020/2021.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto Kesenet.
Subjek penelitian lainnya adalah kepala sekolah, guru dan peneliti sendiri. Adapun siswa yang akan
menjadi subjek penelitian berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan
adalah analisis data kuantitatif deskriptif yang mengacu pada analisis data Miles dan Huberman, yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peran guru kelas I
dalam pembelajaran di MIC Kesenet Kecamatan Banjarmangu merupakan standar kualitas guru yang
mencakup guru menjadi panutan serta teladan bagi peserta dan guru menjadikan peserta didik tidak
hanya pintar namun berakhlak. Empat peran guru kelas I dalam pembelajaran daring Bahasa
Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di MI Kesenet Kecamatan Banjarmangu, yaitu peran guru
sebagai pendidik, peran guru sebagai pengajar, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai
pelatih, peran guru sebagai model dan teladan, peran guru seabagai pengadministrasian, dan peran
guru sebagai motivator.