MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MI MA’ARIF NU 03 KALIJARAN

Authors

  • Agus Al Fajar
  • Irega Gelly Gera
  • Nur Innayah Ganjarjati

Keywords:

Manajemen, Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MI Ma’arif NU 03 Kalijaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di MI Ma’arif NU 03 Kalijaran. Sumber data yang digunakan meliputi data primer yaitu hasil wawancara Kepala sekolah, guru, dan wali peserta didik/komite. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi, foto kegiatan, arsip, profil MI, dan catatan MI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan keabsahan data triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru MI Ma’arif NU 03 Kalijaran sudah diterapkan dengan baik. Dalam pelaksanaanya didukung oleh sumber daya manusia yang kooperatif dan tidak kaku serta peran aktif kepala sekolah. Namun selain itu terdapat faktor penghambat yaitu kurangnya sarana prasarana yang memadai serta kurangnya peran aktif kepala sekolah dalam pemecahan masalah terkait kesejahteraan guru.

Downloads

Published

17.04.2025